Tempat Wisata Di Batam 2019-2020

Batam merupakan sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Kepulauan Riau. Kota ini memiliki lokasi yang strategis, dimana letaknya berada di tengah jalur pelayaran yangberdekatan dengan Malaysia dan Singapura. Batam adalah salah satu kota dengan kepadatan penduduk terbesar ke tiga di Sumatara, jumlah penduduknya sendiri sekitar 1.150.000 jiwa.
 
Kota ini juga banyak akan masyarakat yang menjalankan kegiatan industri. Selain itu Batam
merupakan salah satu kota di Kepulauan Riau yang mempunyai kekayaan tempat wisata yang sungguh menarik untuk dikunjungi dan menjadi minat utama untuk wisatawan selain untuk membangun bisnis. Untuk setiap tahunnya tercatat bahwa kota Batam menjadi tujuan wisata kedua setalah Bali, cukup baik bukan. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas beberapa tempat wisata di Batam yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Marina




 
Pantai Marina merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Batam. Pantai ini sekarang juga merupakan tempat berlabuhnya kapal ferry. Untuk keindahan pemandangannya jangan ditanya lagi, Anda pasti akan terkagum – kagum bila berkunjung kesini. 

Lebih cocok jika Anda berkunjung ke pantai ini bersama keluarga, terdapat beberapa arena permainan yang dapat dinikmati bersama keluarga, Anda juga dapat memanfaatkan beraneka macam sarana olahraga yang ada. Setelah seharian bermain – main di pantai ini, Anda juga dapat mencicipi beraneka ragam makanan maupun minuman yang khas bernuansa laut.

Lokasi Pantai Marina ini sendiri berada di dalam sebuah resort mewah, yakni di area Marina Water Front City, tepatnya di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang. Untuk bisa masuk ke pantai ini jangan lupa yaa, sebelumnya Anda diwajibkan memebeli tiket masukan seharga Rp 6.000 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan juga diwajibkan membayar uang parker Rp 5000 untuk kendaraan beroda empat,dan Rp 1.000 untuk kendaraan beroda dua.

2. Pantai Nongsa




 
Pantai Nongsa merupakan sebuah tempat wisata yang cukup terkenal di Batam, masyarakat Batam pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai yang satu ini. Saat ini, Pantai Nongsa telah menjadi salah satu objek wisata favorit di Batam. Yang menarik dari pantai ini adalah terdapatnya sebuah pulau yang terletak di seberangnya, yaitu pulau putri, pulau ini tidak jarang digunakan untuk tempat camping dikalangan anak muda. 

Untuk setiap harinya pantai ini selalu dipadati para pengunjung, baik lokal maupun asing. Di sepanjang garis pantai juga terdapat banyak tempat penginapan dan resort bertaraf internasional. Oh iya, lokasi Pantai nongsa ini tidak jauh dari bandara, jadi merupakan sebuah keuntungan bagi Anda yang dating ke Batam menggunakan pesawat.

3. Pantai Sekilak




 
Pantai Sekilak letaknya tidak jauh dari Pantai Nongsa, tepatnya di desa Batu Besar. Jad ibagi Anda yang telah mengunjungi Pantai Nongsa, tidak ada salahnya untuk juga menikmati keindahan Pantai Sekilak ini. Keindahan pantai ini akan membuat Anda betah, dan mungkin ada keinginan untuk berlama – lama disini. 

Keindahan yang akan Anda nikmati jika berkunjung di pantai ini yaitu laut lepas dengan cara naik ke atas tebing – tebing di Tanjung Kedabang. Apasih Tanjung Kedabang? Tanjung Kedabang merupakan sebuah bukit yang memiliki ciri khas seperti batuan besar berwarna merah di tepi pantai. Bukit ini sangat rindang dengan adanya sebuah danau buatan yang diapit dua tanjung yang menghadap kepantai. Selain menikmati keindahan Pantai Sekilak, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan, seperti tempat jajanan, lapangan futsal, lapangan volley, dan lain lain.

4. Pantai Dangas




 
Pantai ini pasti terdengar asing di telinga Anda, bukan begitu? Yaa pantai yang satu inimemang tidak terlalu terkenal di kalangan para wisatawan. Meskipun demikian pantai ini cukup menarik lo untuk dikunjungi, kenapa begitu? Pantai Dangas ini menawarkan ketenangan abadi, yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran maupun hati. Ombaknya tidak terlalu besar, dan lebih asik bila Anda berkunjung dipagi hari. Untuk letaknya pantai ini berada di Sekupang, Batam.

5. Pantai Melur




 
Pantai Melur merupakan sebuah pantai di Batam yang berlokasi di Kelurahan Galang Balerang, Pulau Galang. Pantai ini bisa dikatakan tidak terlalu luas, namun cukup memberikan daya tarik yang lebih. Saat berkunjung di sana Anda akan disuguhi pemandangan yang cukup menarik perhatian. Bukan hanya itu, udara di sini cukup sejuk saat pagi hari, dengan adanya pepohonan yang ada di sekitar garis pantai. 

Bagi Anda yang menyukai kealamian, yaa di pantai ini lah tempatnya, pantai yang lumayan bersih. Dan bagi Anda yang suka berenang, di Pantai Melur ini telah disediakan pelampung, untuk menggunakan pelampung Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000, bisa dibilang murah yaa. Selain berenang kebiasaan lain yang selalu para pengunjung di pantai ini adalah berfoto – foto, jadi bagi anda yang gemar berfoto – foto, silahkan dicoba dengan memakai latar belakang Pantai ini.

6. Jembatan Barelang




 
Jembatan Balerang merupakan sebuah ikon kotam Batam yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kota ini. Jembatan ini di bangun pada tanggal 1992 yang diprakasai oleh mantan presiden Republik Indonesia yaitu B.J. Habibie. Fungsi utama jembatan ini yaitu sebagai penghubung antar pulau, selain dari itu Jembatan Barelang ini tidak jarang dikunjungi parawisatawan yang singgah di Batam. 

Biasanya para wisatawan dalam mengunjungi lokasi ini hanya sekedar menikmati sambil duduk santai, ada juga para wisatawan yang mengabadikan jembatan ini dengan menjadikan Jembatan Balerang sebagai latar belakang foto mereka.

7. Kebun Raya Batam




 
Kebun Raya Batam menyimpan keindahan flora Indonesia yang begitu menakjubkan, pembangunan Kebun Raya Batam kini semakin dipercepat yang ditempatkan di Sambau, Nongsa. Jika Anda berkunjung ke kebun raya ini, hal yang bisa Anda lakukan yaitu melihat berbagai flora dan fauna yang ada di sini. 

Untuk fasilitas yang disediakan tidak jauh beda seperti kebun raya pada umumnya. Saya sarankan jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Batam bukan di akhir pekan, karena ketika akhir pekan biasanya pengunjung sangat padat

8. Mata Kucing




 
Mata Kucing merupakan sebuah nama kebun binatang yang dimiliki Batam yang berlokasi di Jalan Letjend R Soeprapto, Sekupang. Ini mengingatkan kita bahwa Batam juga memiliki kebun binatang, meskipun tidak terlalu besar. Kebun binatang ini gemar dikunjungi wisatawan, khususnya pada akhir pekan. Untuk fauna yang ada di kebun binatang ini jumlahnya tidak terlalu banyak, diantaranya adalah buaya, burung, kera, monyet, ular, ikan,dan lain – lain. 

Selain melihat – lihat fauna yang ada, Anda juga bisa berjalan – jalan mengitari Mata Kucing, bersantai di ayunan, berenang, dan lain lain. Oh iya, untuk masuk kelokasi ini tentunya tidak gratis yaa, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 untuk anak – anak dan Rp 15.000 untuk dewasa.

9. Bukit Senyum




 
Bukit senyum merupakan sebuah bukit di Batam yang berlokasi tepatnya di Kampung Seraya, Batu Ampar. Bukit Senyum ini biasa dikunjungi para wisatawan, khususnya pada saat malam hari, saat berada di tempat ini Anda bisa melihat keindahan kota Batam dan gemerlapnya Singapura dari ketinggian.
 
Tidak banyak orang yang tahu tentang Bukit Senyum ini, selain itu di Bukit Senyum ini Anda juga dapat melihat kapal – kapal angkutan barang atau kapal penumpang dan juga pemandangan pesawat take dan landing dari Bandara Singapura. Di Bukit Senyum ini juga terdapat beberapa warung makan yang siap melayani Anda sambil menikmati keindahan kota Batam, diantaranya yaitu Warung Makan Tahu Sumedang, Warung Makan Jagung, Sofonta Café dan masih banyak lagi.

10. Ocarina Park




 
Ocarina Park merupakan sebuah objek wisata di Batam yang mempunyai sarana maupun prasarana yang tidak jauh beda dengan Ancol, Anda pasti tahu bukan tentang Ancol. Meskipun hampir mirip, namun untuk ketenarannya tidak setenar Ancol. Seperti yang saya katakana tadi wahana di tempat ini tidak jauh berbeda dengan wahana yang ada di Ancol.
 
Contohnya saja giant wheel, trampoline, flying fox, water feature, patung sio tionghoa dan banyak lagi yang lainnya. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, pastinya akan dikenai biaya tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, harga tiketnya cukup murah kok. Untuk orang dewasa Rp 10.000, anak – anak Rp 5000, dan untuk parkir kendaraan juga sama yaitu Rp 5000. Lokasi Ocarina Park ini tidak jauh dari Pelabuhan Batam Centre, tepatnya di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong.

11. Kampung Vietnam






 
Kampung Vietnam merupakan sebuah bekas perkampungan yang dulunya pernah dihuni oleh masyarakat Vietnam yang berstatus sebagai pengungsi. Saat ini Kampung Vietnam sudah tak berpenghuni, namun bekas – bekas peninggalan pengungsi tersebut masih tetap dilestarikan dan dijadikan sebagai tempat wisata. 

Jika Anda berkunjung ke lokasi ini pastinya seakan dibawa ke Negara Vietnam, coba saja lah. Namun lokasi Kampung Vietnam ini cukup terpencil, yaitu di Pulau Balang, Kepulauan Riau, tepatnya berada di ujung selatan kota Batam dan berjarak 50 km dari pusat kota. 

Meskipun lokasinya yang terpencil, namun untuk minat wisatawan untuk berkunjung tidak pernah pudar. Peninggalan pengungsi Vietnam di lokasi ini bukan hanya rumah, diantaranya adalah museum, tempat ibadah, penjara, pemakaman, dan banyak lagi yang lainnya. 

Bercerita mengenai kampung ini, dulunya sebelum menetap di Indonesia, orang – orang Vietnam ini hanya mengungsi karena adanya perang saudara di negaranya pada tahun 1979. Namun setelah keadaan di Vietnam membaik orang – orang ini akhirnya dipulangkan kembali kenegara asal mereka.

12. Alun – Alun Engku Putri



 
 
Alun –Alun Engku Putri merupakan sebuah alun – alun yang terletak di pusat kota Batam, tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Batam tanpa mengunjungi lokasi ini. Alun –alun ini dikelilingi kantor – kantor pemerintah, seperti Kantor Walikota, DPRD, PLN, dan lain lain. 

Jika berada di sini, Anda dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari berkumpul– kumpul, bercengkrama, menikmati jajanan khas Riau atau bahkan berolahraga. Di dekatalun – alun ini juga terdapat masjid besar yang biasa dijadikan latar belakang saat berfoto – foto oleh para pengunjung. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Namun perlu diingat, jika Anda mengendarai kendaraan umum,hanya beroperasi mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tempat Wisata Di Batam 2019-2020"

Posting Komentar