Tempat Wisata di Yogyakarta (Jogja) 2018 - 2019

Siapa sih yang gak kenal kota yang satu ini. Kota Yogyakarta namanya, atau sering disebut kota Jogja. Yogyakarta merupakan kota yang sangat istimewa, dengan beragamnya destinasi wisata yang dimilikinya, pesonanya sungguh luar biasa. Bukan hanya itu, dikalangan masyarakat Indonesia Jogja juga sering disebut sebagai kota pelajar. 

Saat ini Jogja telah menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia, dengan letaknya yang strategis dan mudah dijangkau. Jika Anda memiliki rencana liburan ke Jogja, tak perlu bingung hendak ke mana. Di mana – mana Anda akan menemukan tempat yang begitu memukau jika berada di kota yang satu ini. Namun ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jogja, berikut diantaranya.

1. Kraton Yogyakarta







Kraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta. Saat ini Kraton Yogyakarta masih menjadi tempat kediaman Sultan beserta keluarganya. Namun, sebagian dari kompleks Kraton dijadikan museum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Kraton ini berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk jam operasinya sendiri mulai dari jam 8 pagi hingga jam 2 siang, dengan tiket masuk sebesar Rp 7.500 per orang. 

Di dalam Kraton, Anda akan menyaksikan berbagai koleksi bersejarah. Antara lain yaitu gamelan, alat pusaka dan lain lain. Selain itu bagi Anda yang gemar menikmati pertunjukan kesenian, seperti gamelan, tari tradisional dan wayang golek, di Kraton ini telah disajikan, namn pada waktu – waktu tertentu.

2. Jalan Malioboro








Jalan Malioboro adalah salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Yogyakarta dengan panjang 2,5 km yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga Kantor Pos Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke Jalan Malioboro ini saya sarankan pada malam hari saja, kenapa begitu? Saat malam hari Anda akan menemukan beragamnya pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Jogja juga warung – warung lesehan di malam hari yang menjual makanan khas Jogja. 

Selain itu Anda akan menemukan kumpulan para seniman di sepanjang jalan ini yang sering menampilkan kepuaian mereka, seperti melukis, bermain musik, pantonim, dan lain lain. Selain itu jika Anda berkunjung saat malam hari, Anda tidak akan merasakan sengatan mentari yang begitu menggelegar.

3. Tugu Yogyakarta






Tugu Yogyakarta merupakan salah satu ikon kota Yogyakarta yang begitu populer. Dengan bentuk bangunan yang sederhana, yaitu seperti tiang silinder. Untuk tingginya sendiri, dulu memiliki tinggi 25 meter, tetapi akibat gempa yang terjadi dan mengalami renovasi, tinggi tugu ini berubah menjadi 15 meter. Lokasinya sendiri berada tepat di tengah jalan utama, yaitu Jalan Margo Utomo, Jalan Diponegoro, Jalan A.M. Sangaji, dan Jalan Jenderal Sudirman. Untuk masalah biaya atau tiket masuk, Tugu ini dibebaskan dari hal tersebut.

4. Museum Sandi







Museum Sandi merupakan sebuah museum persandian yang berada di Yogyakarta tepatnya di Jalan Faridan Muridan Noto, Kotabaru, Yogyakarta. Museum ini dibangun pada tahun 2006 dan diresmikan pada tahun 2008. Di dalam museum ini Anda akan melihat berbagai koleksi persandian bersejarah, untuk koleksi unggulan yang ada di museum ini diantaranya adalah replica hieroglif, mesin telegraf, dan mesin sandi SN 101. Jam buka museum ini yaitu mulai pukul 08.30 – 16.00, sedangkan di akhir pekan mulai pukul 09.00 – 12.00.

5. Museum Batik








Museum Batik merupakan salah satu museum di Yogyakarta yang menawarkan keindahan akan koleksi batik, museum ini berlokasi di Jalan Dr. Sutomo, kurang lebih berjarak 1,5 km dari Jalan Malioboro, untuk jam operasinya mulai dari jam 9 pagi hingga 3 sore, perlu diketahui untuk hari minggu museum ini tutup. Sedangkan harga tiketnya sendiri yaitu sebesar Rp 20.000 per orang. Oh iya, selain batik, museum ini juga menyediakan beragam souvenir bermotif batik, seperti tempat tissue, gelang, cermin, kotak pensil, dan lain – lain. Yang menarik dari museum ini, Anda juga dapat mengikuti pelatihan batik, namun harga tiketnya berubah menjadi Rp 40.000, cukup menyenangkan bukan.

6. Kampung Wijilan








Kampung Wijilan merupakan tempat yang menarik untuk Anda kunjungi bila berlibur ke Yogyakarta. Untuk lokasinya tidak jauh dari Alun – alun utara. Kampung Wijilan ini adalah pusat penjualan gudeg, nama gudeg pasti tidak asing lagi, meskipun beberapa orang belum sempat mencicipi makanan khas Jogja ini. Jika anda berada di Kampung ini, Anda akan menyaksikan banyaknya warung – warung yang berjejer disepanjang jalan, dengan menu utamanya adalah gudeg. Tentu rasa di setiap warung tidak akan sama yaa teman. Uniknya lagi, warung gudeg ini ada yang buka hingga tengah malam. Jadi bagi anda yang lapar atau
ngidam gudeg saat tengah malam, langsung aja dating ke lokasi ini.

7. Kampung Teletubbies








Kampung Teletubbies, unik bukan? Kampung Teletubbies ini merupakan sebuah kampung yang rumah penduduknya dibangun seperti rumah teletubbies. Sebenarnya kampung ini memiliki nama kampung Nglepen, kampung ini berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo. Anda pasti bingung ya, kok bisa disebut Kampung Teletubbies sih, mungkin begitu yang ada di pikiran Anda. Perumahan yang ada di kampung ini pada umumnya berbentuk seperti kubah atau terlihat seperti separuh bolayang menempel di tanah. Seperti rumah pada umumnya, rumah ini juga dilengkapi dengan pintu maupun jendela. 

Menurut informasi yang saya dapat, dulunya kampung ini dirancang sdemikian rupa untuk menghindari resiko dari terjadinya gempa.

8. Kebun Binatang Gembira Loka









Kebun Binatang Gembira Loka merupakan sebuah kebun binatang yang ada di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kebun Raya No.2, Umbulharjo. Dengan berjarak kurang lebih 5,5 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk kendaraan umum Anda bisa mengendarai bus Trans Jogja.

Area Kebun Binatang Gembira Loka bisa dikatakan cukup luas. Dengan ratusan jenis fauna, mulai dari aneka jenis burung, reptilia, dan mamalia. Selain itu, Kebun Binatang ini juga menyediakan beberapa wahana seru yang bisa Anda cicipi. Seperti speed boat, perahu kayuh, ATV, bumper boat, dan taring, Taring adalah sebuah kereta mini yang mengangkut pengunjung untuk berkeliling ke seluruh area kebun binatang. Untuk jam bukanya, Kebun Binatang ini dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore, dengan harga tiket Rp 30.000 per orang.

9. Kotagede








Kotagede adalah sebuah kecamatan yang cukup luas di Yogyakarta. Kota ini terkenal akan kerajinan – kerajinan yang dibuat oleh para masyarakatnya, yaitu kerajinan perak. Di sini juga terdapat pasar tertua di Yogyakarta, yaitu Pasar Legi. Bukan hanya itu, di Kotagede ini juga terdapat ratusan bangunan kuno dengan arsitektur unik yang dapat Anda lihat, adapula Makam Raja – raja Mataram. Bagi Anda yang ingin membeli pernak – pernik khas Jogja, di Kotagede ini juga cukup banyak toko – toko kecil yang menjual atau menyediakannya.

Demikianlah informasi seputar tempat pariwisata jogja ini dibuat, semoga saja bisa bermanfat dan bisa membantu anda semuanya yang ingin berlibur kejogja. Silakan anda bagikan kepada teman atau saudara anda yang sedang membutuhkan informasi ini dan membantu kelancaran kontribusi pengupdate untuk informasi tempat wisata lainnya.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tempat Wisata di Yogyakarta (Jogja) 2018 - 2019"

Posting Komentar